Minggu, 06 Oktober 2019

BONGGOL BIBIT PISANG CAVENDISH

MANFAAT PENGOLAHAN BONGGOL BIBIT PISANG CAVENDISH UNTUK KONSUMSI DAN PUPUK ALAMI

Bibit Pisang Cavendish tumbuh dari tanaman dengan bijih buah monokotil, memiliki pohon yang berbentuk tersusun atas batang semu. Batang semu pada pisang Cavendish ini merupakan tumpukan pelepah daun yang tersusun secara teratur dengan jarak yang cukup rapat
Bbonggol bibit pisang Cavendish

Bibit Pisang Cavendish tumbuh dari tanaman dengan bijih buah monokotil, memiliki pohon yang berbentuk tersusun atas batang semu. Batang semu pada pisang Cavendish ini merupakan tumpukan pelepah daun yang tersusun secara teratur dengan jarak yang cukup rapat. Lapisan pelepah cukup tebal dan bonggol pisang yang menggelembung di dalam tanah,

Percabangan tanaman bertipe simpodial dengan meristem ujung memanjang dan membentuk bunga lalu buah. Pada bagian bawah batang Pisang Cavendish akan menggembung dekat pangkal umbi yang disebut bonggol. 

Bagian pucuk muncul dari kuncup pada perpanjangan bonggol yang selanjutnya tumbuh menjadi tanaman pisang baru. Buah pisang Cavendish umumnya tidak ada biji dan bersifat partenokarpi.

Pisang Cavendish tumbuh sekitar 2 meter sampai mengeluarkan jantung pisangnya. Pada tinggi sekian ini, pelepah daun sangat rimbun dan mekar saling berdekatan. Tangkai jantung pisiang akan memanjang seperti belalai dan ditutup dengan daun kecil di atasnya.

Sisiran pisang Cavendish lebat dan lumayan besar. Pertumbuhan cukup cepat, bahkan dalam 1 minggu setelah jantung keluar, pisnag ini akan mengeluarkan semua isi buah yang terkandung dalam jantungnya. 

Kulit buah pisang cavendish berwarna hijau, jika mulai matang akan kekuningan pada buah yang telah masak. Pisang cavendish kuning rasanya lebih enak daripada pisang ambon. Dalam satu tandan dapat mencapai awal hanya 8 sisir, sedangkan anakannya bisa mencapai 10-12 sisir (satu sisir berisi 20 buah pisang) dengan berat per tandan 14-18 kg.

          BACA JUGA: JUAL BIBIT PISANG CAVENDISH SUPER

Manfaat Bonggol Bibit Pisang Cavendish


Bonggol pisang cavendish adalah pangkal batang yang berbentuk bulat dan besar di dalam tanah. Bonggol pisang bisa dimanfaatkan untuk diambil patinya. Bonggol pisang cavendish merupakan limbah dari kebun pisang yang jumlahnya akan terus bertambah setiap waktu.

Bonggol pisang cavendish ternyata mengandung gizi yang cukup tinggi dengan komposisi yang lengkap. Bonggol pisang cavendish mengandung karbohidrat (66%), protein, air, dan mineral-mineral penting. bonggol pisang cavendish mempunyai kandungan pati 45,4% dan kadar protein 4,35% yang bisa diolah untuk pakan ternak.

Produk olahan dari bonggol pisang cavendish yang banyak beredar di pasaran saat ini, adalah kripik bonggol pisang. Mengingat nilai kandungan gizi yang terdapat pada bonggol pisang, maka perlu ditingkatkan lagi pemanfaatan produk-produk baru yang berbahan dasar bonggol pisang cavendish ini.

Misalnya saja untuk pembuatan empal dari bonggol pisang yang mengandung serat tinggi sebagai pengganti empal daging yang harganya tinggi di pasaran. Bonggol pisang cavendish juga dapat dijadikan sebagai sumber mikroorganisme pengurai bahan organik atau dekomposer untuk pupuk organik alami.

            BACA JUGA : CIRI-CIRI PISANG CAVENDISH ASLI

Manfaat Menanam Bibit Pisang Cavendish


Pisang Cavendish merupakan jenis tanaman yang mempunyai beberapa komposisi baik pada kandungan karbohidrat, protein, fosfor dan kandungan lainnya yang penting dan dibutuhkan oleh manusia. Komposisi pisang cavendish dengan lainnya hampir sama hanya jumlah kandungan gizinya yang berbeda. 

Menanam bibit pisang cavendish selain buahnya kaya akan manfaat, manfaat lain yang bisa didapat adalah daun, pelepan dan lapisan pohohnnya. Ini bisa untuk bahan industri kreatif rumahan yang dapat menghasilkan nilai ekonomis. 

Bonggol pisang cavendish mengandung mikrobia pengurai bahan organik alami. Mikrobia pengurai tersebut terletak pada bonggol pisang cavendish yang melekat pada bagian luar maupun bagian dalam. Jenis mikrobia yang telah diidentifikasi pada bonggol pisang cavendish antara lain Bacillus sp., Aeromonas sp., dan Aspergillus nigger

Mikrobia inilah yang biasa menguraikan bahan organik di dalam tanah. Mikrobia pada bonggol pisang akan bertindak sebagai dekomposer bahan organik yang akan dikomposkan dengan tanah subur. 

Demikian cara memanfaatkan pisang cavendish dari bonggol. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menelusuri artikel terkait pada site ini, atau tinggalkan komentar pada kolom di bawah untuk diskus lebih lanjut. terimakasih.


..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar