Rabu, 28 Agustus 2019

budidaya bibit pisang cavendish

BUDIDAYA BIBIT PISANG CAVENDISH

Bibit pisang cavendish - Budidaya tanaman pisang Cavendish sangat mudah untuk dilakukan. Namun, perlu kiranya diperhatikan tahapan-tahapan agar hasil panen pisang cavendish agar memperoleh kualitas buah pisang yang bagus. Sebelum pembahasan budidaya pisang Cavendish, untuk menambah pengetahuan,
Bibit Pisang Cavendish Bantul

Bibit pisang cavendish - Budidaya tanaman pisang Cavendish sangat mudah untuk dilakukan. Namun, perlu kiranya diperhatikan tahapan-tahapan agar hasil panen pisang cavendish agar memperoleh kualitas buah pisang yang bagus. Sebelum pembahasan budidaya pisang Cavendish, untuk menambah pengetahuan, berikut ini saya sajikan seputar tentang Pisang Cavendish ini.

Klasifikasi Bibit Pisang Cavendish


Kingdom :  Plantae Divisi :  Spermatophyta Sub divisi :  Angiospermae Kelas :  Monocotyledoneae Famili :  Musaceae Genus : Musa Species : Musa acuminata Ploidi :  Triploid A (AAA) Varietas : Cavendish Klon :  CJ30 (Cavendish Jepara 30)

Morfologi Bibit Pisang Cavendish


Bagian tanaman pisang cavendish yang berada di atas permukaan tanah terdiri atas buah yang berupa rangkaian sisir pisang cavendish asli yang lazim disebut tandan, sisir-sisir pisang yang bagian bawah adalah palsu yang tidak membesar dan jantung pisang.  Bagian tanaman lainnya adalah daun, batang/pseudostem dan yang berada di dalam tanah yaitu bonggol/rhizome dan perakaran pisang cavendish.

Akar. Sistem perakaran pisang cavendish merupakan akar serabut, akar diproduksi dari mulai bibit pisang cavendish ditanam hingga tanaman mengeluarkan jantungnya.  Akar keluar dari bagian bonggol yang berbatasan dengan pangkal batang palsu . Akar primer tumbuhan pisang cavendish muncul dua hingga empat helai, tetapi umumnya tiga helai dan diameter akar primer berukuran 5-8 mm.

Pada saat baru keluar akar terlihat sehat berwarna putih dan berubah warna menjadi abu-abu atau coklat ketika menjadi mati  Akar primer berumur 5-8 bulan dan perpanjangannya 1,2-4 cm/hari.  Pada 3 bulan awal pertumbuhan tanaman sudah diproduksi sebanyak  ± 110 akar primer, akar keluar dari bonggol secara bersamaan 3-4 helai dan akar primer tidak diproduksi lagi pada saat tanaman mengeluarkan jantung. Bonggol pisang cavendish dapat mengeluarkan sebanyak 200-500 akar primer

Umur akar primer antara 4-6 bulan, akar sekunder berumur 8 minggu,  akar tersier berumur 5 minggu dan akar rambut berumur ± selama 3 minggu  Akar pisang 90% terdistribusi pada radius 1 m dan ± 70% dari total massa akar terakumulasi di lapisan olah tanah pada kedalaman 0-40 cm.

Produktifitas pisang cavendish berkaitan dengan kondisi fisik, biologi dan kimia tanah sebagai media tumbuh akar dan berkorelasi dengan iklim dan tehnik budidaya yang diterapkan, kesuburan bagian tanaman di atas tanah mencerminkan banyak dan sehatnya keadaan akar pisangnya.

Ukuran daun pisang Cavendish lebar antara 0,7 – 1,0 m dan panjang 1,5 – 2,9 m (Robinson dan Sauco, 2010).  Stomata pada daun pisang terdapat di kedua permukaan daun.  Jumlah stomata pada permukaan bawah daun sebanyak 168 tiap mm2 dan jumlah tersebut 3-4 kali jumlah stomata pada permukaan atas daun pada pisang Ambon yang merupakan kerabat pisang Cavendish

Jumlah daun pada saat keluar jantung antara 10-15 helai. Jumlah daun pada saat keluar jantung berkorelasi positif dengan berat tandan pada saat dipanen. Sudut daun antar klon sedikit berbeda, sehingga berpengaruh terhadap populasi tanaman per satuan luas lahan.  Indeks luas daun pada tanaman kecil ± 1,5 dan tanaman dewasa ± 2,0 (NTF, tidak dipublikasikan).

Budidaya Bibit Pisang Cavendish

Secara umum budidaya pisang cavendish dibagi menjadi dua tahap umur tanaman. Periode pertumbuhan awal atau belum berbuah disebut perawatan tanaman (plant care) dan periode berbuah disebut perawatan buah (fruit care). Perawatan tanaman  dititikberatkan pada upaya untuk dapat menumbuhkan tanaman seoptimal mungkin.  Perawatan buah difokuskan untuk memfasilitasi buah dapat dipanen dengan kualitas yang seoptimal mungkin.

Pembibitan kultur jaringan bibit pisang cavendish


Bibit kultur jaringan hanya memerlukan anakan dengan jumlah sedikit untuk perbanyakan, anakan dipilih dari tanaman induk yang genjah, produktivitas tinggi dan bebas dari vascular diseases.  Kelebihan bibit kultur jaringan adalah dapat disiapkan dalam jumlah besar, relatif seragam dan bebas hama penyakit.  Kekurangannya adalah memerlukan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkannya

Bibit kultur jaringan lebih diutamakan sebagai material tanam, akan tetapi dalam keadaan kekurangan dapat menggunakan bibit yang berasal dari anakan pedang. Bibit dari anakan dapat pula diupayakan dalam skala masif asalkan terdapat sejumlah besar tanaman induk.

Kekurangannya adalah tidak mudah mendapatkan anakan yang berasal dari induk yang berkualitas dalam jumlah banyak, terinfeksi vascular diseases, daya tumbuh di pembibitan rendah, umur bibit relatif tidak seragam.  Kelebihan bibit dari anakan adalah penyiapan bibit relatif lebih cepat, apabila jumlah tanaman induk cukup banyak

Persiapan Lahan Penanaman Bibit Pisang Cavendish


Sebelum penanaman bibit pisang cavendish, tahapan yang terpenting adalah menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk hidup dan bertumbuh kembang pohon pisang. Pengolahan tanah, pencampuran lahan dengan pupuk kandang atau pupuk organik dan pembuatan drainase air. drainase untuk mempermudah pengairan agar hemat tenaga penyiraman.

Tanah yang dipseriapkan perlu pemantauan dan pengkondisian tingkat keasaman tanah dengan pengapuran hingga mencapai level pH 6,5.  Pengolahan lahan tanam diperlukan untuk menciptakan keremahan lahan tanam hingga kedalaman 40 cm, sehingga 80% massa akar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Jika kondisi tanah tidak datar, maka pembuatan drainase disesuaikan dengan kemiringan lahan tanam, sehingga kelebihan air pada musim hujan dapat dengan tuntas dialirkan keluar dari pertanaman pisang.

Penanaman Bibit Psiang Cavendish

Cara penanam bibit pisang setelah persiapan lahan sebaiknya dilakukan segera setelah pengolahan tanah selesai, sehingga gulma tidak menjadi masalah di awal pertumbuhan tanaman pisang cavendish. Saluran pembuangan air hujan sudah dibuat bersamaan dengan pengolahan tanah, sehingga tidak ada genangan air di sekitar tanaman psiang tersebut.

Penanaman bibit pisang cavendish di satu lokasi tanam sebisa mungkin dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, yaitu 1-2 hari saja dan menggunakan bibit yang sudah dipersiapkan.

Pada sistem budidaya pisang cavendish yang menerapkan satu kali tanam dan satu kali panen, mengharapkan pemanenan pisang dapat dilakukan pada periode waktu yang tidak terlalu lama dalam satu lahan pertanaman.

Penggunaan bibit yang usia seragam, penanaman yang relatif singkat dan perawatan tanaman pisang ini yang optimal akan menghasilkan pertumbuhan tanaman yang relatif seragam dan berdampak pada waktu keluar jantung dan panen yang relatif berdekatan waktunya.

Perawatan Bibit Tanaman Pisang Cavendish


Bagi tanaman pisang cavendish yang dari remaja menuju berbuah yaitu perawatan tanaman belum berbuah. Aktifitas perawatan tanaman pada fase vegetatif meliputi pemupukan, pengendalian gulma secara mekanis atau menggunakan herbisida, irigasi pada musim kemarau,

Pengurangan jumlah anakan yang terlalu banyak, pemotongan daun yang sudah tidak berfungsi, pengendalian hama dan penyakit (penyakit daun, hama ulat grayak pemakan daun, hama penggulung daun seperti ulat daun, Scabmoth, penggerek bonggol, serangga vektor virus, penyakit yang disebabkan oleh virus pisang, layu fusarium dan R. solanacearum). Semua aktifitas dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Pemberian pupuk dilakukan 3 bulan sekali pada untuk menjaga kesuburan tanah.

Perawatan Tanaman Pohon Cavendish Berbuah

Perawatan tanaman pohon pisang Cavendish yang berbuah dilakukan dengan tujuan perawatan tanaman pisanig cavendish berbuah agar lebih mengarah mengantisipasi dan merawat buah pisang, sehingga dapat dipanen dengan kualitas yang bagus.

Perawatan buah pisang Cavendish bisa dilakukan yaitu pemasangan bambu penyangga (cengkal) pada pangkal tangkai jantung tanaman, penyuntikan atau pemberian insektisida ke dalam jantung pisang, spray fungisida pada sisir pisang yang baru terbuka, pembungkusan buah pisang cavendish pada saat jantung pisang baru merunduk dan pembuangan sesuatu yang mengakibatkan pergesekan dengan buah pisang.

Perlakuan yang rutin lainnya adalah pengendalian rumput menggunakan herbisida, irigasi terutama pada musim kemarau, pengendalian jamur daun, pengendalian hama penggulung daun, eradikasi penyakit yang disebabkan oleh virus, layu fusarium dan R. solanacearum, pemotongan daun yang sudah tidak berfungsi dan penguranagan jumlah anakan pisang yang terlalu banyak. Sisakan

Panen Buah Pisang Cavendish

Proses pemanenan buah pisaing cavendish dilakukan pada buah yang berumur antara 11-14 minggu setelah keluar jantung atau 9—11 minggu setelah sisir pisang cavendish terakhir terbuka dan diameter jari pisang pada sisir kedua dari bawah sudah mencapai diameter  3 cm.

Pemanenan pohon pisang cavendish dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan kulit buah pisang cavendish, dengan cara tandan pisang yang dipotong dari tanaman langsung ditempatkan pada tempat yang aman. Buah cavensih dibawa secara hati-hati dan sesegera mungkin untuk
pematangan buahnya.

Demikian penjelasan tentang budidaya pisang Cavendish yang dapat saya sajikan dalam kesempatan ini. Kami menyediakan jual bibit pisang cavendish unggul siap tanam, Jika Anda berminat silahkan kunjungi lokasi kami untuk mendapatkan bibitnya, atau bisa WA 085747757565 untuk pemesadan dan pengiriman wilayah luar kota. Terimakasih


__
tags

pisang cavendish | pisang cavendish adalah | pisang cavendish sunpride | pisang cavendish untuk bayi | pisang cavendish lampung | gambar pisang cavendish | harga pisang cavendish 1 sisir |

..

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus