Minggu, 15 September 2019

bibit pisang cavendish bantul

BIBIT PISANG CAVENDISH BANTUL YOGYAKARTA


Bibit Tanaman unggul –Pisang Cavendish adalah jenis buah-buahan yang memiliki banyak manfaat. Pisang cavendis memiliki ciri-ciri pohon yang relatiF pendek sudah berbuah, yaitu sekitar 2 meteran.   Pohon pisang Cavendish cocok ditanam untuk wilayah tropis maupun sub tropis.
bibit pisang cavendish siap tanam

Bibit Tanaman unggul – Bibit Pisang Cavendish adalah jenis buah-buahan yang memiliki banyak manfaat. Pisang cavendis memiliki ciri-ciri pohon yang relatiF pendek sudah berbuah, yaitu sekitar 2 meteran. Pohon pisang Cavendish cocok ditanam untuk wilayah tropis maupun sub tropis.

Banyak kita temui pohon pisang lingkungan kita. Misalnya di daerah Bantul Yogyakarta, tumbuhan pisang hampir ada disetiap pekarangan atau tanah kosong milik warga. Tetapi jenis pisang yang tumbuh dengan sendirinya itu adalah pisang Uter, pisangnya kecil-kecil dan ada isinya. Pisang ini kurang laku di jual. Di antara pengepul pisang, harga 1 tandan pisang uter hanya dibeli 10 ribu rupiah.

Tanaman pisang jenis uter ini hidupnya diantara segan-segan. Artinya, jika hidup dan mau berbuah ya bagus, matipun tidak apa-apa.  Ini karena nilai jualnya rendah. Makanya masyarakat sering tidak peduli dan mengabaikan pisang uter ini.

Sebagian masyarakat yang telah mengetahui pangsa pasar buah pisang, meraka menanam pisang jenis raja. Raja Tarub, atau raja sajen. Harganya cukup mahal, yaitu sekitar 150 ribu pertandan. Namun, hanya sedikit orang yang menyadari manfaat ekonomis menanam pisang untuk peningkatan ekonomi jangka panjang.

Bibit Pisang Cavendish Menuju Tren Populer


Di masyarakat kita, masih banyak yang belum tahu tentang jenis pisang Cavendish. Ini karena masih sedikitnya informasi yang tersebar mengenai potensi pisang Cavendish jenis unggul.

Pisang Cavendish ini sudah banyak di tanam oleh instansi besar, atau PT-PT yang beroperasi di daerah Sumatera. Misalnya kita tahu merek Cavendish Sunpride, Beroprerasi sejak tahun 2000an, dan mempunyai lahan pupuhan hektar. Inilah suplayer terbesar yang meliputi seluruh Indonesia. Bisa dikalkulasikan ketika peminat buah pisang tinggi, dengan hadirnya pisang Cavendish orang-orang akan banyak tertarik untuk menanamnya.

Di Yogyakarta sendiri, belum banyak orang yang menaman pisang Cavendish. Bisa dibilang, bibit pisang Cavendish pun masih jarang orang jual. Maka, saya mengambil inisiatif untuk mengajak masyarakat Bantul agar menanam pisang Cavendish. Dengan asumsi bahwa pisang ini akan mampu meningkatkan pendapatan tambahan bagi masyarakat

Budidaya Bibit Pisang Cavendish

pisang Cavendish sagat layak untuk dibudidayakan.  Di wilayah Jateng dan DIY, belum ada yang pelaku budidaya pisang Cavendish. Sebagian orang telah membuat budidaya perkebunan pisang, tetapi itupun dari jenis pisang Raja
Budidaya pisang cavendish

Jika dilihat peluang, pisang Cavendish sagat layak untuk dibudidayakan.  Di wilayah Jateng dan DIY, belum ada yang pelaku budidaya pisang Cavendish. Sebagian orang telah membuat budidaya perkebunan pisang, tetapi itupun dari jenis pisang Raja.

Pisang Cavendish lebih unggul karena lebih cepat berbuah. Tanaman pisang jenis ini akan berbuah pada umur 10 bulan, bahkan kurang dari itu. Buahnya yang cukup besar dan rasanya manis, sangat cocok untuk mengisi lapak atau kios-kios buah di pasar atau supermarket.

             Selengkaprnya baca          >> Cara Budidaya Pisang Cavendish

JIka anda ingin menanam bibit pisag Cavendish, kami menyediakan bibit siap tanam hasil dari pembibitan semi kultur, yaitu menumbuhkan bibit dari bonggil tunas pisang yang sehat dan unggul.

Demikain penjelasan mengenai peluang menanam Bibit pisang Cavendish. Silahkan menghubungi kontak WA di atas untuk informasi selanjutnya. Terima kasih


..

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus