Kamis, 31 Oktober 2019

Agribisnis Kebun Bibit Pisang Cavendish


Melihat Potensi Agribisnis Kebun Bibit Pisang Cavendish

 Tanaman pisang cavendish merupakan salah satu tanaman penghasil buah-buahan unggul yang banyak digemari masyarakat. Di Indonesia, bibit pisang cavendish banyak ditanam dan dikembangkan di Daerah Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat dan Jawa Timur. Pengusahaan perkebunan pisang cavendish di jogja Indonesia
bibit pisang cavendish super


Bibit tanaman Unggul - Pisang cavendish merupakan salah satu tanaman penghasil buah-buahan unggul yang banyak digemari masyarakat. bibit pisang cavendish banyak ditanam dan dikembangkan di Daerah Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat dan Jawa Timur. Pengusahaan perkebunan pisang ini di Indonesia hingga hari ini sebagian besar dilakukan dalam bentuk perkebunan rakyat dan sebagian kecil dalam bentuk instansi perkebunan milik swasta.

Komoditi pisang cavendish ditujukan mengarah untuk pasar ekspor luar negeri dan kebutuhan dalam negeri. Komoditi pisang cavendish ini diekspor dalam bentuk buah matang atau olahan bentuk bahan baku lainnya. Sedangkan untuk kebutuhan industri dalam negeri diproyeksikan kebutuhan ke depan bisa mencapai lebih dari 300 ton. Peluang pasar komoditi pisang cavendish masih terbuka baik di dalam maupun luar negeri, karena jumlah permintaan dunia akan buah pisang cavendish ini masih sangat tinggi.




Potensi Ekspor Bibit Pisang Cavendish


Indonesia sebagai salah satu negara pengekspor buah pisang cavendish ke dunia mengalami perkembangan ekspor dari tahun ke tahun yang fluktuatif. Hal ini dikarenakan antara lain akibat adanya penanganan produk pascapanen dan pengelolaan budidaya yang belum memadai.
Melihat potensi pasar, sudah selaiknya jika tanaman bibit pisang cavendish ini dikembangkan dan diperhatikan secara intensif khususnya sistem pengolahan, budidaya, penanganan pascapanennya hingga pemasarannya.

Dengan demikian diharapkan peningkatan produksi pisang cavendish untuk ekspor tidak hanya akan terbatas segi kuantitas, tetapi juga mencakup segi kualitas dengan nilai bagus. Status perkembangan ekspor buah pisang cavendish di Indonesia selama ini tidak mengalami kecenderungan (trend) yang tidak menentu melainkan akan terus mengalami pengingkatan.




Produk olahan buah pisang cavendish


Pisang cavendish banyak digunakan sebagai bahan pembantu industri makanan dan pewangi obat-obatan, (flavour and fragrance ingredients). Industri makanan yang banyak menggunakan pisang cavendish sebagai bahan bakunya adalah industri biskuit, gula-gula, susu, selay, dan industri es krim.
Industri bahan makanan menggunakan buah pisang cavendish sebagai penyedap atau penambah cita rasa. Industri farmasi menggunakannya sebagai pembunuh bakteri dan untuk menutupi bau tidak sedap bahan-bahan lain seperti obat pembasmi serangga yang diperlukan oleh industri bahan pengawet dan bahan insektisida.

Alasan Menanam bibit pisang cavendish


Beberapa orang pada lokasi yang berbeda di daerah bantul yogyakarta telah menanam bibit pisang cavendish. Alasan menanam bibit pisang cavendish adalah aspek kemudahan dalam pemeliharaan, dan agroklimat yang cocok dan sesuai dengan kondisi lingkungan.

Diantara mereka yang menaman bibit pisang cavendish adalah karena hobi atau kesenangan yang dapat mendatangkan penghasilan tambahan. Di samping itu, tanaman psaing cavendish tidak banyak memerlukan perawatan yang rumit serta sedikit sekali kena penyakit yang susah untuk diatasi.

Bahkan untuk beberapa pembudidaya pohon pisang cavendish di Kabupaten bantul sebagian besar tidak tahu bagaimana cara memberi pupuk, jenis dan jumlah pupuk yang digunakan, waktu pemupukan dilakukan serta tatacara melakukan pencegahan hama dan penyakit tanaman secara kimiawi. Mereka hanya menanam dan memberikan pupuk organik berupa pupuk kandang saja.



Perhatian pemerintah daerah terhadap budidaya pisang cavendish ini perlu ditingkatkan. Pemerintah melalui Dinas Perkebunan dan Holtikultura Kabupaten bantul diharapkan lebih memberikan penyuluhan secara langsung kepada petani tentang teknik penyerbukan atau perkawinan tanaman pisang cavendish. 

Selain itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan pelatihan dan pemberian bantuan sarana pengolahan untuk mengolah produk buah pisang cavendish guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

by Tabulampot Agro, Yogyakarta, 21-10-2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar